Kenali Beberapa Fungsi Pasir Silika di Kehidupan Sehari-Hari

Kenali Beberapa Fungsi Pasir Silika di Kehidupan Sehari-Hari

Pasir silika atau yang disebut juga dengan pasir kuarsa adalah salah satu jenis pasir yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Dengan kadar kemurniaan yang terkadung dalam pasir tersebut biasanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri. Sebelum membelinya pada jasa jual pasir silika Bandung, maka pelajari beberapa fungsi pasir silika berikut ini!

Beberapa Fungsi Pasir Silika pada Kehidupan Sehari-Hari Anda

1. Pasir Silika untuk Aquarium

Pada umumnya, pasir kuarsa pada sebuah aquarium digunakan sebagai dua fungsi. Yang pertama, pasir ini berfungsi untuk alat filter air di aquarium tersebut. Hal ini sangat bermanfaat sekali untuk membersihkan kotoran-kotoran yang dihasilkan oleh ikannya. Cara bekerjanya sendiri adalah dengan menangkap kotoran tersebut secara bersamaan dengan filter-filter lain seperti karbon aktif.

Sedangkan, fungsi kedua adalah sebagai pasir kuarsa aquascape. Pasir kuarsa putih halus yaitu mesh 400 biasanya akan dipakai untuk mempercantik tampilan dari aquarium yang ada di rumah anda. Jika anda sedang membutuhkan pasir kuarsa ini, anda bisa mencarinya pada jasa jual pasir silika Bandung seperti pada situs jualbatualam.com.

2. Pasir Silika untuk Filter Air Isi Ulang

Pasir kuarsa ini juga bisa digunakan sebagai media filter yang cukup penting pada sebuah depot isi ulang air. Pasalnya, pasir silika merupakan salah satu lapisan filter yang paling pertama sebagai alat penghilang kotoran makro, partikel, lumpur, alat pengurangan turbiditas air, dan juga TDS serta TSS.

Tentunya, bukan hanya pasir kuarsa saja yang dipakai sebagai alat filter air isi ulang, namun ada beberapa bahan lainnya juga. Adapun bahan-bahan tersebut yaitu karbon aktif, resin, pasir zeolit, meganese, dan juga membrane RO. Jadi, pasir silika ini sendiri hanya digunakan untuk campuran bahan-bahan itu. Anda bisa memperoleh pasir tersebut pada jasa jual pasir silika Bandung.

3. Pasir Silika untuk Air Ledeng Tanah

Ketika pertama kali membuat sumur bor di rumah anda, besar kemungkinan air yang ada di dalam sumur tersebut masih terkontaminasi dengan banyak kotoran, lumpur, dan juga zat-zat padat yang lainnya. Air yang dihasilkannya juga akan terlihat keruh dan kotor. Terlebih lagi jika anda tidak ahli dalam pembuatannya.

Dengan menggunakan pasir silika, air yang keruh pada ledeng tanah tersebut akan bisa menjadi lebih jernih dan juga dapat dikonsumsi untuk pemenuhan kebutuhan hidup anda sehari-hari. Akan tetapi, sebaiknya anda tetap harus memakai bahan-bahan filter lainnya seperti resin kation-anion, karbon aktif, dan juga zeolit jika dibutuhkan. Hal ini dilakukan agar menghasilkan air minum yang layak dikonsumsi.

4. Pasir Silika untuk Sandblasting

Pada beberapa industri, penggunaan pasir silika sendiri sampai saat ini masih dipakai sebagai media untuk sandblasting. Sandblasting merupakan suatu aktivitas untuk membersihkan permukaan media dengan memanfaatkan semprotan pasir yang memiliki tekanan cukup tinggi. Namun, tentu saja ada alternatif media lainnya selain pasir silika ini.

Anda bisa menggunakan beberapa media lainnya sesuai dengan kebutuhan yang ada. Pasir kuarsa biasanya dipakai untuk bahan yang keras seperti baja ataupun besi. Sementara itu, untuk bahan-bahan yang lebih lembut yakni kayu, anda bisa memakai pecahan kaca untuk memblastingnya.  

Agar bisa mendapatkan pasir tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan, maka anda bisa pergi ke toko pasir silika lengkap. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Pasir Silika Bandung, silahkan hubungi customer service kami dengan klik Whatsapp link berikut : https://wa.me/6281909880999 (Willy) or email: [email protected]

Nah, itulah beberapa pemanfaatan penggunaan pasir silika atau kuarsa yang bisa anda temui pada kehidupan sehari-hari. Tentunya, masih terdapat banyak lagi fungsi dari pasir tersebut yang bisa memudahkan anda dalam berbagai hal. Jika anda sedang memerlukan pasir ini, maka anda bisa membelinya pada penyedia jasanya.








0 komentar:

Posting Komentar